Monday, 17 March 2014

Hal yang berkaitan dengan WEB

Sebelum membahas masalah WEB alangkah baiknya kita mengenal hal - hal yang berkaitan dengan WEB.
Hal yang pertama yaitu Domain, apakah domain itu? Domain dapat diartikan secara singkat yaitu Alamat utama sebuah website di internet. Pengertian dari mas Wiki Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Domain ini berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.
Hal yang kedua adalah hal yang pasti semua orang telah mendengarnya dan semua orang membutuhkannya untuk mendapatkan informasi secara luas yaitu INTERNET. Jika saya artikan secara singkat Internet adalah jaringan global komputer diseluruh dunia. Arti secara luasnya Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").
Hal yang ketiga adalah World Wide Web ("WWW", atau singkatnya"Web") adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berguna di identifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI). WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian dari padanya. Hiperteks dilihat dengan sebuah program bernama browser web yang mengambil informasi (disebut"dokumen" atau“halaman web") dari server web dan menampilkannya,  biasanya disebuah monitor.  Kita lalu dapat mengikuti pranala disetiap halaman untuk pindah kedokumen lain atau bahkan mengirim informasi kembali kepada server untuk berinteraksi dengannya. Ini disebut "surfing" atau" berselancar" dalam bahasa Indonesia. Halaman web biasanya diatur dalam koleksi material yang berkaitan yang disebut “situsweb".
Dan hal yang terakhir menurut saya yaitu HOSTING. Hosting menurut penjalasan dari saya yaitu tempat menyinmpan data diserver yang dapat diakses diinternet. Untuk pengertian secara detailnya, Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.
Pengertian Hosting dapat diibaratkan sebagai contoh berikut; sebuah website diibaratkan sama dengan kios/ruangan di Mall.
Setelah kita mengetahui dasar - dasar apa saja yang berhubungan dengan pemrogaman web,selanjutnya kita dapat memulai dengan membuat sebuah web.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment