Thursday, 27 December 2012

Memilih Bibit Tanaman Buah Unggul

Beberapa tips memilih bibit tanaman buah unggul perlu diperhatikan pada saat kita ingin membeli atau menanam jenis tanaman buah, misalnya untuk memilih tanaman mangga, sawo, duku, dan lain sebagainya. Di beberapa daerah kadang sangat cocok untuk ditanami dengan pepohonan yang menghasilkan buah. Selain menambah penghijauan, secara tidak langsung juga akan memberikan pendapatan bagi kita yaitu dari hasil buah yang dipanen.

Kalau di Gunungkidul, beberapa daerah memang sangat potensial untuk ditanami dengan tanaman buah. Misalnya di seputaran Pathuk, kebayakan masyarakat disana menanam bibit rambutan karena memang sangat menghasilkan dan cocok dengan keadaan alam disekitar Bukit Pathuk.

Memilih Bibit Tanaman Buah Unggul

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bibit tanaman buah unggul untuk keperluan penghijauan maupun untuk bisnis buah-buahan diantaranya adalah kualitas dari bibit tersebut. Sebelum membeli, pastikan untuk meneliti apakah bibit tersebut memang tumbuh dengan sehat atau tidak.

Ciri-ciri bibit tanaman yang baik diantaranya daun-daunnya tumbuh dengan sempurna dan terlihat segar. Batang yang tumbuh sehat dan tidak bengkok atau cacat, apabila diangkat batangnya maka akar yang tertanam kedalam tanah tidak goyah dan cukup kuat.

Selanjutnya apabila anda ingin membeli bibit dalam jumlah yang banyak, maka pastikan kalau semua bibit tanaman tumbuh dalam waktu yang bersamaan dan tidak ada yang mengalami cacat atau terserang hama. Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah pada saat menamam bibit tersebut, bibit tanaman akan dapat tumbuh dengan baik apabila kita melakukan perawatan dan menanamnya secara benar. Lebih banyak tentang cara menanam bibit yang baik akan kita bahas dilain kesempatan.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment