Thursday, 20 December 2012

Manisan Cabe

Cabai merupakan bahan dasar membuat sambal. Namun sekarang ini cabai dapat dijadikan makanan favorit anak-anak. Tenang saja, anak-anak tidak akan sakit perut karena memakan cabai, karena cabai yang satu ini sudah dibuat sebagai manisan.

Manisan_CabeManisan cabai adalah inovasi industri kuliner Indonesia, khususnya industri pengolahan makanan. Tidak perlu menjadi pengusaha besar untuk mengolah cabai menjadi manisan. Cabai adalah buah yang mengandung vitamin C dan A. Anak-anak akan menyukainya karena rasanya yang manis. Selain itu dengan makan manisan cabai, kebutuhan anak akan vitamin juga jadi terpenuhi.Lalu bagaimana cara membuatnya? Untuk membuatnya, Anda membutuhkan cabai merah yang dagingnya tebal, gula pasir, garam, dan air. Petama-tama belahlah cabai, dan buang semua biji dan tangkai putih yang ada di dalam cabai, karena bagian inilah yang membuat rasa pedas pada cabai. Setelah itu, rendam cabai dalam air garam selama 6 sampai 12 jam. Ini bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa rasa pedas. Setelah itu rendam cabai dalam air kapur selama 10 menit agar cabai rapuh. Sambil menunggu, masaklah air dengan gula pasir, lalu aduk hingga rata dan mengental. Angkat dalam keadaan panas.

Kemudian tiriskan dan cuci cabai yang telah direndam dalam larutan garam, lalu masukkan cabai tersebut dalam larutan gula dalam keadaan panas. Ini bertujuan agar rasa manisnya meresap. Rendamlah kira-kira 6 hingga 12 jam. Lalu coba manisan cabai itu. Jika sudah manis, maka proses pembuatannya sudah selesai. Jika belum, Anda harus mengulang prosesnya mulai dari memasak larutan gula, lalu rendam lagi, dan seterusnya.

Manisan cabai bisa jadi ide usaha rumah tangga Anda selanjutnya. Selain karena bahannya mudah didapat, cara membuatnya pun sederhana. Toniel, adalah sebuah industri rumahan yang membuat dan memasarkan manisan cabai. Usaha yang dikelola oleh IAlicce Hanafi ini memproduksi dan memasarkan manisan cabai kering dengan nama SanBe.

Reactions: