Thursday, 20 December 2012

Kacang Bogares CERIA

Specifications

  • Oleh2 Khas: Kacang Bogares (Rp. 27.000/ kg)
  • Alamat Lokasi: Jl. Pertigaan, Desa Bogares Kidul RT.02 RW.01, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal Telp. (0283) 3359865
Trip dari kota satu ke kota lain, beberapa tempat wisata dan aneka kuliner sudah masuk ke dalam list kegiatan. Sudah jauh-jauh sampai di kota tujuan jangan lupa membeli oleh-oleh khasnya sebelum meninggalkan lokasi. Begitu juga kalau sedang bertandang di kota Tegal, kota yang khas dengan bahasa ngapak-ngapaknya ini memiliki oleh-oleh berupa kacang khas yang terkenal dengan nama Kacang Bogares.
Bagi yang belum tahu, kacang bogares merupakan kacang tanah yang berasal dari salah satu desa di Kabupaten Tegal yang bernama Bogares. Meski secara fisik tidak jauh berbeda dengan kacang tanah pada umumnya, tapi kacang yang berasal dari Desa Bogares ini memiliki cita rasa dan aroma yang berbeda. Bagi yang sudah sering melewati Jalur Pantura pasti mengetahui keberadaan kacang ini, pasalnya kacang bogares sering dijadikan sebagai camilan atau oleh-oleh jika sedang melintasi Kota Tegal.
Dalam proses pembuatannya, untuk menghasilkan kacang bogares yang siap dipasarkan perlu melalui beberapa tahap. Kacang yang sudah kering dimasukkan ke dalam mesin pengupas kacang, kemudian diayak agar kacang terpisah dengan kotorannya. Setelah bersih selanjutkan kacang direndam di dalam air tawar selama ±3 jam, kemudian diangkat dan direndam kembali ke dalam air garam berbumbu (penduduk setempat menyebutnya dibacem). Dan setelah itu kacang dijemur hingga kering, baru kemudian kacang digoreng menggunakan pasir sambil dikorek-korek agar matangnya bisa merata. Biasanya proses penggorengan ini berjalan selama ±8 jam dan bahan bakarnya masih menggunakan kayu bakar, setelah matang dan sudah dipisahkan dari pasir kemudian dikemas dan siap dipasarkan.
Sebagian besar penduduk Desa Bogares memang berprofesi sebagai pengrajin kacang. Kacang yang berasal dari Desa Bogares ini memiliki rasa yang gurih, sedikit manis dengan aroma yang khas dan harum, ada juga beberapa pengrajin yang member rasa bawang pada produk kacangnya. Salah satu produsen kacang bogares yang dapat kita jumpai yaitu Kacang Bogares Ceria yang berlokasi di Jl. Pertigaan, Desa Bogares Kidul RT.02 RW.01 Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal. Kacang Bogares ini juga bisa kita temukan dibeberapa toko oleh-oleh khas Tegal di sepanjang Jalur Pantura (Kota Tegal).

Reactions: