Saturday, 17 November 2012

Berdo'a lah saat mengakhiri dan mengawali Tahun Islam

Alhamdulillah , pada kesempatan kali ini kita masih di berikan kesempatan dari Allah SWT untuk merasakan tahun baru islam yang ke 1434 H.Dan sebagai seorang muslim perlu kiranya untuk mengetahui doa awal tahun dan doa akhir tahun yang akan dibaca menghadapi tahun baru ini. berikut lafadz dan keutamaan membaca do'a akhir dan awal tahun..

Doa Akhir Tahun

Doa ini dibaca 3 kali setelah sholat ashar atau pada akhir waktu ashar sebelum masuk waktu Maghrib (waktu yang paling utama) pada akhir bulan Zulhijjah.

Manfaat Membaca Doa Akhir Tahun

Orang yang membaca doa akhir tahun ini akan diampuni Allah dosa-dosanya yang ia perbuat selama satu tahun yang lalu. Rasulullah SAW bersabda : “ Barang siapa yang membaca doa ini maka syaitan akan berkata:
“Kesusahan bagiku dan sia-sialah pekerjaanku menggoda anak Adam pada setahun ini dan Allah membinasakan aku satu saat juga. Dengan sebab membaca doa ini, Allah mengampuni dosanya selama setahun.”

Inilah lafadz doanya :
doa akhir tahun Doa Awal Tahun dan Doa Akhir Tahun
Artinya :
“Dengan nama Allah yang MahaPengasih dan Lagi Maha Penyayang. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara sekalian alam. Selawat dan salam terhatur ke  junjungan kami Nabi Muhammad s.a.w. serta keluarga beliau  dan para sahabatnya.
Ya Allah, sesungguhnya pada tahun ini aku telah melanggar laranganMu tetapi aku masih belum bertaubat sedangkan Engkau tidak ridho dan tidak melupakan perbuatan itu dan Engkau menangguhkan adzabMu yang telah ditetapkan kepadaku supaya aku bertaubat dari kesalahan itu. Sesungguhnya pada hari ini aku memohon ampunanMu, ampunilah aku dan apa yang telah aku lakukan pada tahun ini.  Dan perkara yang Engkau ridloi dan Engkau janjikan pahalanya  maka aku memohonnya dari Engkau. Ya Allah, janganlah Engkau putuskan harapanku kepadaMu Wahai Yang Maha Mulia; Dzat yang mempunyai Keagungan dan Kemuliaan.Solawat dan salam selalu terhaturkan kepada tuan kami nabi Muhammad SAW beserta keluarga beliau dan para sahabatnya. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara sekalian alam”…Amin…
 Untuk yang belum mampu membacanya dengan bahasa aslinya (arab) bisa membaca doa ini dengan bahasa Indonesia (artinya).

Doa Awal Tahun

Setelah masuk waktu maghrib dan sholat ditunaikan maka saat inilah kita membaca doa awal tahun
Doa ini dibaca 3 kali selepas maghrib pada malam satu Muharram.

Manfaat Membaca Doa Awal Tahun

Barang siapa yang membaca doa awal tahun ini  maka dia akan dilindungi oleh Allah pada tahun ini dari fitnah syetan.Rasulullah SAW bersabda :  “Barang siapa yang membaca doa awal tahun ini maka syaitan berkata:
“Telah amanlah anak Adam ini dari godaan pada tahun ini karena  Allah telah mewakilkan dua Malaikat memeliharanya dari fitnah syetan.”
 Inilah lafadz doanya:
doa awal tahun Doa Awal Tahun dan Doa Akhir Tahun
Artinya :
“Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara sekalian alam. Selawat dan salam terhatur kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW  serta keluarga beliau dan para sahabatnya. Ya Allah, Engkaulah yang kekal abadi untuk selama-lamanya. Demi kelebihanMu yang Maha Agung dan kemurahanMu yang melimpah, sesungguhnya pada tahun ini aku memohon perlindungan kepadaMu dari syaitan yang terkutuk, kekasih-kekasihnya dan tentara-tentaranya dan aku berlindung kepadaMu dari nafsu amarah yang senantiasa mendorong kearah kejahatan dan memohon kepadaMu agar senantiasa aku mendekatkan diriku kepadaMu. Selawat serta salam terhaturkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW serta keluarga beliau dan para sahabat. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara  sekalian alam”….Amin…
Bagi yang belum mampu untuk membaca doa awal tahun ini dengan bahasa aslinya (arab) bisa membacanya dengan bahasa Indonesia (artinya).
Mudah-Mudahan di awal tahun baru ini kita bisa menjadi manusia yang lebih baik daripada tahun tahun sebelumnya.
ammiinnnn ..

Sumber : adehumaidi.com

Reactions:

0 comments:

Post a Comment