Thursday, 18 October 2012

Mari Sholat Dhuha



“Barangsiapa mengerjakan shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditetapkan termasuk orang-orang yang lengah. Barangsiapa shalat empat rakaat, maka dia tetapkan termasuk orang-orang yang ahli ibadah. Barangsiapa mengerjakan enam rakaat maka akan diberikan kecukupan pada hari itu. Barangsiapa mengerjakan delapan rakaat, maka Allah menetapkannya termasuk orang-orang yang tunduk dan patuh. Dan barangsiapa mengerjakan shalat dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di Surga. dan tidaklah satu hari dan tidak juga satu malam, melainkan Allah memiliki karunia yang di anugerahkan kepada hamba hamba Nya sebagai sedekah.


dan tidaklah Alah memberikan karunia kepada seseorang yang lebih baik daripada mengilhaminya untuk selalu ingat kepada Nya ." (Diriwayatkan oleh Ath-Thabrani)
Sholat dhuha adalah sholat sunat yang di kerjakan di waktu pagi hari dari sekitar pukul tujuh sampai dengan pukul sebelas,

Cara mengerjakan sholat dhuhaSebagai umat islam tentu kita tau cara melaksanakan sholat dhuha, cara mengerjakan sholat dhuha saya tulis kembali mungkin bermanfaat dan tuntunan bagi para pelopor yang belum mengetahui atau yang belum lengkap mengenai tuntunan pelaksanaan sholat dhuha, tata cara dibawah ini mungkin bisa membantu teman2 untuk beristiqomah dalam melaksanakan sholat sunnah dhuha :1.     Sholat Dhuha waktunya : sejak terbit matahari sampai dengan akan masukknya  matahari di titik  atau sekitar pukul 07.00 s/d 11.00 bbwi.2.     Sholat Dhuha pelaksanaannya    : dilaksanakan dua raka’at sekali salam3.     jumlah roka’at Sholat Dhuha        : paling sedikit 2 raka’at dan paling banyak 12 raka’at4.     niat Sholat Dhuha                      : usholli sunnatadh dhuha rok’ataini lil laahi ta’aalaa5.     bacaan surat Sholat Dhuha         : Surat Dhuha dan Surat al khlas. atau surat yang lain.6.     hikmah Sholat Dhuha           : diampuni kesalahan & dosanya, dilapangakan usaha - rezekinya, dimantapkan iman dan takwanya.7.     * niat shalat dhuha didalam hati berbarengan dengan takbiratul ihram :
“ushallii sunnatadh-dhuhaa rok’ataini lillaahi ta’aalaa.”
“aku niat shalat sunat dhuha dua rakaat, karena allah ta’alaa.”* membaca doa iftitah* membaca surat al-fatihah* membaca satu surat didalam al-quran- surat asy-syamsu- surat al-lailu- surat adh-dhuha- surat asy - syarch- (atau surat al-quran lainnya yang telah kita hafal)* ruku’ dan membaca tasbih tiga kali* i’tidal dan membaca bacaanya* sujud pertama dan membaca tasbih tiga kali* duduk diantara dua sujud dan membaca bacaannya* sujud kedua dan membaca tasbih tiga kali* setelah rakaat pertama selesai, lakukan rakaat kedua sebagaimana cara diatas, kemudiantasyahhud akhir setelah  selesai maka membaca salam dua kali.

Do’a Sholat Dhuhaاَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

“Ya Allah, bahwasannya waktu dhuha adalah waktu dhuhaMudan keagungan adalah keagunganMU,dan keindahan adalah keindahanMU,dan kekuatan adalah kekuatanMU,dan kekuasaan adalah kekuasaanMU,dan perlindungan adalah perlindunganMU,Ya Allah, jika rizkiku ada di atas langit, maka turunkanlah,jika ada di dalam bumi, maka keluarkanlah,jika masih sukar, maka mudahkanlah,jika (ternyata) haram, maka sucikanlah,jika jauh, maka dekatkanlah,dengan berkat waktu dhuhaMU, keagunganMU, keindahanMU, kekuatanMU dan kekuasaanMU,limpahkanlah kepadaku segala yang telah Engkau limpahkan kepadahamba-hambaMU yang sholeh.”


Reactions:

0 comments:

Post a Comment